Abstract |
<p>Manajemen pengetahuan ( Knowledge Management ) merupakan dasar dari sebuah efektivitas dan efesiensi dalam operasional bisnis suatu perusahaan yang juga menjadi pendukung daya saing perusahaa dalam berkompetisi.<br />
Dalam hal ini, kinerja pegawai Front Desk Agent menjadi kunci dalam memberikan kepuasan kepada setiap tamu yang ada di hotel, dikarenakan pegawai Front Desk Agent merupakan tempat pertama dan terakhir yang dijumpai oleh tamu sehingga kesan pertama dan terakhir dibentuk oleh Front Desk Agent .<br />
Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif dilakukan secara intensif, dimana penulis juga ikut berpartisipasi dalam mencatat hal-hal yang terjadi di lapangan.<br />
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah pengetahuan ( Knowledge ) dalam bekerja baik di suatu organisasi maupun perusahaan. Dalam penelitian ini penulis juga mencari tahu tentang penerapan Knowledge Management yang dilaksanakan ketika operasional sedang berlangsung.<br />
Dalam pelaksanaannya Knowledge Management di Vanilla Hotel Batam saat ini dapat dikatakan sudah terlaksana dengan cukup baik, dikarenakan seluruh kinerja karyawan Front Desk Agent telah memahami tentang pehamahan informasi dan Knowledge Management itu sendiri. Hal ini juga di dukung dengan adanya System hotel yang mendukung pelaksanaan operasional hotel.</p> |